Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 11 April 2023

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

saudeemagrecimento - Siapapun bisa mengalami sakit punggung, terutama orang dewasa. Sebuah laporan menunjukkan bahwa sakit punggung merupakan penyebab utama kecacatan, mencegah orang dengan masalah tersebut untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari. 

Menurut sebuah artikel tahun 2007 di jurnal Neurological Clinics, para ahli memperkirakan bahwa sekitar 80 persen populasi akan mengalami sakit punggung pada suatu saat dalam hidup mereka. Selain itu, nyeri punggung dapat menyerang segala usia, mulai dari remaja hingga lansia. 

Selain itu, menurut laporan tahun 2018 di The Lancet, di seluruh dunia, jumlah tahun hidup dengan kecacatan yang disebabkan oleh nyeri punggung bawah meningkat sebesar 54% antara tahun 1990 dan 2015.
 
Nyeri punggung bisa dirasakan di banyak tempat, misalnya di sisi kiri. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas penyebab pasti sakit pinggang sebelah kiri dan cara mengatasinya. Dengarkan akhirnya, oke! 
 
1. Kerusakan fisik 

Cedera tulang belakang dapat terjadi pada otot, cakram, atau persendian dan seringkali menjadi penyebab sakit punggung di satu sisi, kiri atau kanan. Biasanya terjadi setelah cedera ringan atau setelah kecelakaan olahraga atau mobil, lapor Penn Medicine. Kerusakan jaringan biasanya menyebabkan nyeri di bagian tengah tulang belakang, namun dapat menyebabkan nyeri di sisi kanan atau kiri punggung. Pada semua kerusakan jaringan, kelelahan otot merupakan penyebab nyeri yang paling umum pada salah satu bagian punggung bawah. Anda dapat mengurangi cedera dengan menerapkan kompres dingin. Lakukan juga olahraga atau gerakan ringan jika Anda duduk dalam waktu lama. Jika nyeri mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Jika rasa sakit semakin parah, temui dokter.

2. Disfungsi Sendi Sacroiliac 
 
Penyakit sendi sacroiliac adalah suatu kondisi ketika sendi yang menghubungkan tulang pinggul ke bagian bawah tulang belakang tidak sejajar dan mulai membengkak. Peradangan pada pergelangan kaki kiri dapat menyebabkan nyeri tumpul dan nyeri di bagian belakang lengan kiri Anda, sering kali di pinggul atau bagian belakang paha kiri Anda, jelas orang dalam. 
 
Kondisi ini bisa bersifat permanen atau disebabkan oleh stres sementara. Faktor risiko meliputi kehamilan, panjang kaki yang tidak normal, atau dampak kecelakaan seperti jatuh.
 
Untuk mengobati kondisi ini, dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri dan peradangan. Dokter juga dapat merekomendasikan penanganan lain seperti teknik intervensi nyeri, penggunaan tali pengikat khusus, olahraga, istirahat, serta kompres dingin dan panas.
 
3. Kifosis 

Kyphosis adalah distorsi bentuk tulang belakang yang menyebabkannya bengkok. Punggung atas akan terlihat canggung seolah-olah memiliki punuk. Itu bisa menyebabkan sakit punggung.
 
Tidak hanya itu, keluhan lain yang Anda alami adalah pegal di sekujur tubuh, tinggi bahu kanan dan kiri yang berbeda, serta otot paha yang kencang. Dalam kebanyakan kasus, kyphosis tidak menyebabkan masalah serius. Namun, dalam kasus yang lebih parah, dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan masalah pernapasan. Perawatan untuk kyphosis akan tergantung pada usia, riwayat kesehatan, jenis kyphosis, dan tingkat keparahan tulang belakang. Tujuannya agar organ tidak semakin parah. Dalam kasus yang parah, pembedahan mungkin dilakukan, tetapi kebanyakan pasien tidak membutuhkannya. Sebaliknya, opsi perawatan non-bedah dapat membantu. 

4. Pankreatitis 
 
Pankreatitis atau radang pankreas akut juga bisa menyebabkan nyeri punggung kiri. Nyeri ini disebabkan oleh posisi pankreas yang berada di bagian belakang lambung. Awalnya, akan ada rasa nyeri di perut yang mungkin menjalar ke punggung. Gejala lainnya adalah nyeri saat perut disentuh.
 
Jika parah, nyeri sisi kiri akibat pankreatitis bisa membuat Anda sulit duduk dalam posisi nyaman. Kalau sudah begini, harus ke dokter ya?
 
Perawatan untuk pankreatitis meliputi rawat inap dan perawatan suportif serta observasi, pemberian obat pereda nyeri, endoskopi, atau pembedahan untuk mengangkat batu empedu, penghalang lain atau bagian pankreas yang rusak, atau enzim pankreas dan suplemen insulin jika pankreas tidak berfungsi dengan baik. Kata Klinik Cleveland.
 

Blogroll

About